RONNY KRISTIAN SEMBIRING; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH SUHU PENYANGRAIAN DAN UKURAN MESH BIJI KOPI TERHADAP MUTU KOPI SEDUHAN DAN UJI ORGANOLEPTIK VARIETAS ARABIKA


PENGARUH SUHU PENYANGRAIAN DAN UKURAN MESH BIJI KOPI TERHADAP MUTU KOPI DAN UJI ORGANOLEPTIK VARIETAS ARABIKA

Ronny Kristian Sembiring
15/17668/THP

INTISARI
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh suhu penyangraian dan ukuran mesh terhadap sifat kopi bubuk yang dihasilkan dan menentukan perbandingan suhu penyangraian terhadap sifat kopi, sehingga dapat mengetahui kopi bubuk yang disukai panelis.
Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Blok Lengkap (RBL) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi terbaik perbendingan kopi robusta ; Suhu Penyangraian (A) yang terdiri dari 3 taraf yaitu : (A1) = 190oC,(A2) = 204oC dan (A3) = 210oc. Faktor kedua adalah Ukuran Mesh (B) yang terdiri dari 3 taraf yaitu : (B1)= 20 Mesh, (B2)= 40 Mesh (B3)= 60 Mesh. Kemudian kopi yang sudah jadi dianalisis kadar air, kadar abu, kadar sari , kekentalan dan uji organoleptik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Suhu penyangraian berpengaruh terhadap kadar abu,kadar sari, dan uji kesukaan rasa, akan tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar air,kekentalan,uji kesukaan aroma dan uji kesukaan warna.Ukuran partikel bubuk kopi berpengaruh terhadap kadar abu, kadar sari, uji kesukaan rasa dan uji kesukaan aroma. Tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar air, kekentalan, dan uji kesukaan warna.
Berdasarkan Uji Organoleptik yang mendapatkan penilaian tertingi terdapat pada penyangraian A2 ( 204OC ) yang memperoleh tingkat kesukaan pada angka 3,menunjukkan kesukaan panelis terhadap kesukaan netral. Dengan paramameter mutu kadar air: 6,1578%, kadar abu: 11,711%, kadar sari: 28,7158%,dan kekentalan: 0,55. Sedangkan pada ukuran partikel bubuk kopi yang mendapat nilai tertinggi pada B3 (60 mesh) yang memperoleh tingkat kesukaan pada angka 3,dengan parameter mutu kadar air : 7,4906%, kadar abu: 11,5606%,kadar sari:29,07%,dan kekentalan: 0,635.


Kata kunci : kopi bobuk, kopi arabika, penyangraian, ukuran mesh.

LOADING LIST...
sembiringronny13@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...