Ir. Retni Mardu Hartati, SU; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Dosis PUpuk NPKMg dan Urin sapi, Kelinci dan Bekicot


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian zat pengatur tumbuh alami dan dosis pupuk NPKMg terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilakukan selama 3 bulan yaitu Oktober – Desember 2018 di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) kali kuning Instiper Yogyakarta, Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan faktorial yang terdiri dari 2 faktor dan disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama adalah ZPT alami yang terdiri dari 3 macam yaitu : Urin sapi ( Sitokinin ) di campur bekicot ( Auksin ),Urin kelinci ( Sitokinin ) di campur bekicot ( Auksin ) dan Kontrol. Faktor kedua adalah dosis pupuk NPKMg yang terdiri dari 4 perlakuan yaitu : 1.5 g, 2.5 g, 3.5 g/tanaman dan Kontrol. Data dianalisis menggunakan sidik ragam (analysis of varience) dan untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan dilakukan pengujian dengan menggunakan DMRT (Duncan Multiple Range Test) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan tidak ada interaksi nyata antara zat pengatur tumbuh alami dan dosis pupuk NPKMg terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Perlakuan pemberian zat pengatur tumbuh alami menunjukkan tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery, demikian juga pemberian dosis pupuk NPKMg.

Kata kunci : NPKMg, Urin sapi, Urin Kelinci, Bekicot, kelapa sawit
LOADING LIST...
Agusgaspar96@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...