Titin Setyorini,Sp., M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM PUPUK ORGANIK CAIR DAN DOSIS PUPUK MAJEMUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


INTISARI
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh macam pupuk organik cair dan dosis pupuk majemuk NPK serta interaksi keduanya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian telah dilaksanakan di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada ketinggian 118 meter di atas permukaan laut. Pada bulan April sampai Juni 2018
Penelitian menggunakan metode percobaan pola faktorial yang disusun dalam Rancangan Ancak Lengkap (RAL), yang terdiri dari dua faktor. Faktor I adalah macam pupuk organik cair terdiri dari 4 aras : kontrol, POC D.I Grow 6 ml/l, SNN 6 ml/l, POC NASA 6 ml/l. Faktor II adalah dosis pupuk majemuk NPK terdiri dari 3 aras : pupuk NPK 5 g/polybag, pupuk NPK 10 g/polybag dan pupuk NPK 12 g/polybag. Setiap perlakuan terdiri dari 3 ulangan dan 2 sampel. Data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam dan uji Duncan pada jenjang 5%.
Hasil analisis menunjukkan tidak terjadi interaksi nyata antara macam pupuk organik cair dan dosis pupuk majemuk NPK terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Perlakuan macam pupuk organik cair menunjukkan pertumbuhan yang sama terhadap bibit kelapa sawit di pre nursery. Perlakuan dosis pupuk majemuk NPK menunjukkan pertumbuhan yang sama pada pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.

Kata kunci : bibit kelapa sawit, pupuk organik cair, dan pupuk NPK.

LOADING LIST...
zulakbar782@gmail.com
Titin Setyorini,Sp., M.Sc - Personal Name
Ir.Umi Kusumastuti Rusmarini, MP - Personal Name
ZUL AKBAR - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...