Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

analisa lama penyimpanan CPO dan variasi suhu terhadap laju perubahan mutu CPO


Intisari

Penurunan mutu CPO dapat terjadi selama penyimpanan dan pengiriman karena terjadi reaksi oksidasi dengan oksigen di udara, reaksi hidrolisis. Semakin lama masa penyimpanan CPO maka penurunan mutu yang terjadi akan semakin besar. Suhu dipenyimpanan CPO yang tidak terkontrol dengan baik, juga sering kali menjadi penyebab terjadinya penurunan mutu CPO. Mutu CPO ditunjukkan beberapa parameter yaitu kadar asam lemak bebas, kadar kotoran, dan kadar air. CPO memiliki karakteristik khusus yang berbeda dengan minyak nabati lainnya yang berpengaruh terhadap penanganannya selama penyimpanan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui suhu dan lama penyimpanan optimum agar kualitas CPO memenuhi standar.
Penelitian ini dilaksanakan di perusahaan PT. Subur Agro Makmur, berada di Desa Bajayau, Kecamatan Daha Barat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimatan Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati beberapa parameter dari proses penyimpanan CPO yaitu lama penyimpanan dan variasi suhu meliputi kadar asam lemak bebas, kotoram, dan air .
Hasil dari penelitian ini adalah suhu penyimpanan CPO yang optimum terhadap kualitas CPO yaitu 50oC dengan kenaikan asam lemak bebas 0.03, kadar kotoran 0.00025 perjam dan kadar air tutun 0.0025 perjam, dan waktu optimum penyimpan CPO 6 jam

Kata kunci : Kadar Asam Lemak Bebas, Kadar air, Kadar Kotoran.


LOADING LIST...
ahmadfikri1709@gmail.com
Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP (P) - Personal Name
Dr. Ir. Hermantoro, MS - Personal Name
Ahmad Fikriyadi - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...