Ir. Priyambada, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISA OIL LOSSES DALAM AIR KONDENSAT PADA SETIAP PEAK DI STASIUN PEREBUSAN


ANALISA OIL LOSSES DALAM AIR KONDENSAT PADA SETIAP PEAK DI STASIUN PEREBUSAN
Oleh
Dedi Irawan
Ir. Priyambada, M.P, Ir. Reni Astuti Widyowanti, M.Si
Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Stiper, Jl.Nangka II, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281, Indonesia
INTISARI
Sterilizer adalah bejana bertekanan yang digunakan untuk merebus atau mematangkan TBS dengan menggunakan uap (steam) yang dikirim dari back pressure vessel (BPV). Kehilangan minyak pada saat proses perebusan dapat terjadi akibat sistem perebusan yang tidak tepat dan beberapa faktor lain seperti tekanan dan waktu perebusan. Pabrik kelapa sawit PT.Swadaya Sapta Putra menggunakan system perebusan tiga peak. Mengingat pada setiap peak dilakukan pembuangan air kondensat yang berpotensi terjadi kehilangan minyak di setiap peak dan belum adanya penelitian terkait hal tersebut maka perlu dilakukan penelitian yang menganalisa oil losses dalam air kondensat pada setiap peak di stasiun perebusan.
Sampel air kondensat di peak I, II, dan III diambil dari pipa kecil keluaran kondensat pada setiap peak dalam satu proses perebusan, kemudian sampel dianalisis dengan metode oven kemudian diekstrak menggunakan alat sokletasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase oil losses mengalami peningkatan pada tiap tahapan perebusan. Pada peak I dengan tekanan 1,5 kg/cm2 rata-rata kehilangan minyak sebesar 0,89% (67,724 kg), pada peak II dengan tekanan 2 kg/cm2 rata-rata kehilangan minyak sebesar 1,04% (82,494 kg), dan pada peak III dengan tekanan 2,8 kg/cm2 rata-rata kehilangan minyak sebesar 2,28%(205,328 kg).



Kata kunci: Air kondensat, oil losses, tekanan.
LOADING LIST...
dedi10plus@gmail.com
Ir. Priyambada, MP (P) - Personal Name
Dedi Irawan - Personal Name
Ir. Reni Astuti Widyowanti, M.Si - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...