Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENENTUAN TINGGI VORTEX FINDER PADA HYDROCYCLONE TERHADAP EFEKTIFITAS KINERJA HYDROCYCLONE


INTISARI


Pada dasarnya Hydrocyclone merupakan gabungan dari dua kata yaitu hydro dan cyclone. Hydro dapat diartikan air, sedangkan cyclone dapat diartikan sebagai pusaran. Sehingga hydrocyclone diartikan sebagai pusaran air. dalam penggunaannya secara nyata hydrocyclone dapat diartikan ebagai suatu alat yang dapat memisahkan material atauun partikel dari suatu komposisi campuran baik berbentuk padatan dengan cairan ataupun cairan dengan cairan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketinggian vortex finder yang tepat untuk mencapai efektifitas kinerja hydrocyclone yang baik.
Penelitian ini dilaksanakan di perusahaan Wilmar di PT. Siak Prima Sakti, berada di Desa Bajayau, Kecamatan Daha Barat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimatan Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati beberapa parameter dari kinerja alat hydrocyclone yaitu umpan yang masuk ke hydrocyclone, kadar kotoran, dan losses.
Hasil dari penelitian ini adalah losses terkecil didapat pada penyetelan 51 cm sebesar 1,05%, dan untuk kadar kotoran yang mendekati standard 6,5% diperoleh pada penyetelan 48 cm sebesar 6,69%.



Kata kunci : Hydrocyclone, Vortex Finder, losses, Kadar Kotoran.

LOADING LIST...
hilmansaragih@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...