Ir. Pauliz Budi Hastuti, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH JENIS PUPUK HIJAU DAN FREKUENSI PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG TANAH


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk hijau terhadap pertumbuhan dan produksi kacang tanah. Untuk mengetahui pengaruh frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan kacang tanah. Untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara pupuk hijau dan frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan dan produksi kacang tanah.
Penelitian ini merupakan percobaan dengan rancangan petak terbagi, terdiri dari 2 faktor yang di susun dalam rancangan acak kelompok (RAK). Faktor I frekuensi penyiraman (F) sebagai main plot terdiridari 4 aras yaitu F1 (disiram 2 hari 1x), F2 (disiram 4 hari 1x), F3 (disiram 6 hari 1x) dan F4 (disiram 8 hari 1x). Faktor II pupuk hijau (P) sebagai sub plot terdiri dari 4 aras yaitu P0: (pupuk NPK 3,5gram) P1: (pupuk hijau azolla) P2: (pupuk hijau gamal) P3: (pupuk hijau lamtoro). Dari 2 faktor tersebut diperoleh 16 kombinasi perlakuan masing-masing perlakuan di ulang 3x sehingga di peroleh 48 satuan percobaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi interaksi antara frekuensi penyiraman dengan pupuk hijau terhadap pertumbuhan kacang tanah. Kombinasi yang terbaik penyiraman 2 hari sekali dengan pupuk hijau azolla.
Frekuensi penyiraman memberi pengaruh yang sama terhadap hasil kacang tanah. Penyiraman 8 hari sekali lebih efisien dari pada penyiraman 2 hari 1x, 4 hari 1x dan 6 hari 1x. Pupuk hijau memberi pengaruh yang sama terhadap hasil kacang tanah. Pupuk hijau dapat menggantikan pupuk NPK.


Kata kunci : pupuk hijau, frekuensi penyiraman, kacang tanah

LOADING LIST...
rahmatns428@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...