Noer Aza Fauziana; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Konversi Lignoselulosa Dari Limbah Kulit Kopi Robusta Menjadi Gula Cair Menggunakan Proses Hidrotermal


Telah dilakukan penelitian tentang konversi lignoselulosa dari limbah kulit kopi robusta menjadi gula cair menggunakan proses hidrotermal. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh variasi penggunaan tekanan dan presentase katalis dalam proses hidrolisis kulit kopi menjadi glukosa serta mendapatkan tekanan dan presentase katalis terbaik yang diperlukan dalam hidrolisis kulit kopi dengan kadar glukosa tertinggi.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Petak Terbagi dengan petak utuh dan petak bagian. Petak utuh adalah variasi tekanan (S) yang terdiri dari dua taraf faktor yaitu S1 (1,5 bar suhu 80°C) dan S2 (3 bar suhu 160°C). Petak bagian adalah presentase katalis (L) yang terdiri dari lima taraf faktor yaitu L1 (0% (b/b)), L2 (25% (b/b)), L3 (50% (b/b)), L4 (75% (b/b)) dan L5 (100% (b/b)) masing-masing diulang sebanyak dua kali. Gula cair yang dihasilkan dianalisis kadar gula reduksi, gula total, derajat polimerisasi dan total padatan terlarut. Hasil gula cair terbaik dari proses hidrolisis hidrotermal dilakukan pemurnian dan dianalisis kadar gula reduksi, gula total, total padatan terlarut, rendemen dan analisis komposisi gula menggunakan High Performance Liquid Chromatography (HPLC).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi penggunaan tekanan dalam proses hidrolisis kulit kopi berpengaruh terhadap analisis gula total tetapi tidak berpengaruh pada analisis gula reduksi, derajat polimerisasi dan total padatan terlarut. Presentase katalis berpengaruh terhadap analisis gula total dan total padatan terlarut tetapi tidak berpengaruh pada analisis gula reduksi dan derajat polimerisasi. Perlakuan terbaik diperoleh pada perlakuan tekanan 3 bar dan presentase katalis 100% (b/b) yang memiliki karakteristik dengan gula reduksi 0,1662%, gula total 0,2376%, derajat polimerisasi 1,4309 dan total padatan terlarut 1,45°briks. Dari hasil pemurnian didapatkan karakteristik gula cair dengan kadar gula reduksi 1,8245%, gula total 2,0915% dan total padatan terlarut 4°briks. Hasil analisis komposisi gula dengan HPLC didapatkan kadar glukosa 0,0152% serta fruktosa dan (D+) xylosa 0,0205%.

LOADING LIST...
noerazza354@gmail.com
Noer Aza Fauziana - Personal Name
Ngatirah, S.P., M.P. (P) - Personal Name
Dina Mardhatilah, S.TP., M.Si. - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...