Tri Endar Suswatiningsih, SP., MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMASARAN TBS KELAPA SAWIT PERKEBUNAN RAKYAT DI DESA BUKIT MAS KECAMATAN SUNGAI BAHAR KABUPATEN MUARO JAMBI


PEMASARAN TBS KELAPA SAWIT PERKEBUNAN RAKYAT
DI DESA BUKIT MAS KECAMATAN SUNGAI BAHAR
KABUPATEN MUARO JAMBI

Abdullah Siddiq1, Tri Endar Suswatiningsih SP., MP2,
Ir. Rupiat Martini MS3
Fakultas Pertanian Institut Pertanian STIPER Yogyakarta

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) saluran pemasaran TBS dari petani swadaya. 2) penentuan biaya dan marjin pemasaran serta mengetahui berapa bagian yang diterima petani. 3) bagaimana pengaruh perubahan harga (transmisi harga).
Penentuan lokasi menggunakan metode purposive (sengaja). Metode penentuan sampel penelitian dilakukan secara snowball sampling melalui lembaga pemasaran (tengkulak dan koperasi) sebagai titik awal dari informasi tentang petani swadaya yang menjual TBS yang bersangkutan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa proses pemasaran TBS dari petani ke tengkulak dan koperasi menjemput langsung TBS ke TPH petani lalu ke PKS, marjin pemasaran dari koperasi menggunakan data time series berkala dari bulan januari hingga desember 2017 Rp. 195/Kg dan marjin dari tengkulak Rp. 270/Kg. Bagian yang diterima petani yang menjual ke koperasi adalah 88,85% dan bagian petani yang menjual ke tegkulak adalah 84,85%. Nilai elastisitas transmisi harga antara harga yang diterima petani swadaya dan harga TBS oleh PKS adalah 0,872%.
Kata kunci: Saluran Pemasaran, Biaya, Marjin Pemasaran, Transmisi Harga

LOADING LIST...
adhuell30@gmail.com
Tri Endar Suswatiningsih, SP., MP - Personal Name
ABDULLAH SIDDIQ - Personal Name
Ir. Rupiat Martini, MS - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...