Bagus Agung Pradana; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS PERBANDINGAN LAMA WAKTU PEREBUSAN TANDAN BUAH LEWAT MATANG PADA STERILIZER HORIZONTAL TERHADAP OIL LOSSES DI KONDENSAT


ANALISIS PERBANDINGAN LAMA WAKTU PEREBUSAN
TANDAN BUAH LEWAT MATANG PADA STERILIZER
HORIZONTAL TERHADAP OIL LOSSES DI KONDENSAT

Oleh :
Bagus Agung Pradana [1]
Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP [2], Ir. Gani Supriyanto, MP, IPM [2]
Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Stiper, Jl. Nangka 2, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281, Indonesia

ABSTRAK

Tandan buah segar kelapa sawit memiliki bermacam-macan kriteria mulai dari yang mentah, matang, lewat matang, janjang kosong dan tangkai panjang. Kriteria buah sawit menentukan lama waktu perebusan di stasiun sterilizer. Buah lewat matang mebutuhkan waktu perebusan lebih cepat untuk menekan kehilangan minyak pada air kondensat.
Penelitian ini bertujuan 1). Mengananlisis kadar kehilangan minyak yang terdapat pada air kondensat, 2). Mengukur parameter, waktu dan tekanan pada setiap perebusan, 3). Analisa waktu perebusan yang optimum dengan parameter losses minyak, kadar air, dan NOS (non oil solid).
Berdasarkan data dan analisa yang diperoleh semakin lama waktu perebusan, maka oil losses yang terikut di air kondensat akan semakin besar. Pada waktu perebusan 73 menit dengan rata – rata kehilangan minyak pada air kondensat 0,72 %, 78 menit krhilangan minyak 1,58 %, dan 80 menit kehilangan minyak 2,22 %.
Kata kunci : Buah lewat matang, Kehilangan minyak di air kondensat, Waktu optimum perebusan.






LOADING LIST...
pradanagung12@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...