Ir. Tri Nugraha Budi Santosa, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH CURAH HUJAN TERHADAP PRODUKSI KELAPA SAWIT DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA V PROVINSI RIAU


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan curah hujan terhadap produksi kelapa sawit dan mengetahui stabilitas produksi kelapa sawit pada perkebunan PT. Perkebunan Nusantara V. Penelitian ini dilaksanakan dikebun perusahaan PT. Perkebunan Nusantara V yang terletak di Sei Galuh, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Dilaksanakan pada Agustus-September 2017.
Penelitian ini menggunakan survey yang dalam pelaksanaan dibagi dalam dua tahap yaitu survey pertama dan survey kedua. Survey pertama bertujuan untuk mengetahui keadaan kebun atau profil kebun secara umum yang akan diteliti, survey kedua bertujuan untuk memperoleh data skunder yang meliputi, data produksi tandan buah segar (TBS) kelapa sawit (7 tahun terakhir), dan data curah hujan (7 tahun terakhir). Kemudian dilakukan analisis Korelasi dan Regresi didukung dengan time lag.
Hasil analisis menunjukan curuh hujan berpengaruh nyata terhadap produksi tandan buah segar (TBS) pada tahun berikut nya. Curah hujan dan produksi kelapa sawit mempunyai hubungan yang sangat erat. Curah hujan memiliki tingkat keeratan dengan produksi kelapa sawit sebesar 35,3%. Factor lain yang mempengaruhi produktivitas kelapa sawit adalah perawatan tanaman dan pemupukan.
LOADING LIST...
fajarianta67@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...