Ir. Samsuri Tarmadja, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

EFEKTIVITAS PENGENDALIAN Oryctes rhinocerous DENGAN MENGGUNAKAN FEROTRAP, KIMIAWI DAN MEKANIS


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas dan efisiensi pengendalian Oryctes rhinoceorus dengan ferotrap, kimiawi serta mekanis. Penelitian dilaksanakan diperkebunan Citra Borneo Indah Group, di PT. Tanjung Sawit Abadi Malata estate, kecamatan Bulik Timur, Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2018.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan Rancangan Ancak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 6 perlakuan dan 4 ulangan. Pengamatan meliputi hasil tangkapan pada masing-masing perlakuan, intensitas serangan baru serta efisiensi biaya per ha. Hasil penelitian dianalisis menggunakan y variance (Anova) dalam jenjang 5%, selanjutnya diuji lanjut menggunakan uji Duncan pada jenjang 5%.
Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil tangkapan hama Oryctes rhinoceorus yang tertinggi adalah dengan kutip larva, persentasi serangan baru masih tergolong ringan dibawah 1%, biaya, per ha yang paling efisien dengan mekanis yaitu pencongkelan pada tingkat serangan ringan dibawah 1%.



Kata Kunci : Oryctes rhinoceorus, Intensitas serangan, Biaya

LOADING LIST...
hendrikwahyu1983@gmai.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...