Dr. Ir. Ida Bagus Banyuro Partha, MS; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pembuatan Hand Body Lotion dengan penambahan ekstrak daun teh (camellia sinensis)


PEMBUATAN HAND BODY LOTION DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN TEH (Camellia Sinnensis.)
Andriani Kristmena Mantir
15/17650/THP/ STPK-B
Intisari
Telah dilakukaan penelitian tentang pembuatan hand body lotion dengan penambahan ekstrak daun teh dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak teh hijau pada hand body lotion terhadap sifat kimia, fisik, dan sensori dari lotion serta menemukan jenis formula hand body lotion dengan komposisi ekstrak teh hijau dan gliserin yang disukai panelis.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Sempurna dengan factor tunggal yaitu perbandungan formulasi lotion dasar dengan gliserin dan dengan ekstra teh hijau dengan 6 taraf meliputi A = 90 : 5 : 5, B = 92 : 5: 3, C = 94 : 5 : 1, D = 85 : 10 : 5, E = 87 : 10 : 3, F = 89 : 10 : 1. Hand Body Lotion yang telah dihasilkan kemudian dilakukan analisis pH, Viskositas, Aktivitas antioksidan, dan uji sensori.
Hasil penelitian menunjukan bahwa formulasi Hand Body Lotion dengan penambahan ekstrak teh hijau berpengaruh nyata terhadap Aktivitas antioksidan, viskositas, warna, homogenisasi, namun tidak berpengaruh nyata terhadap pH, daya sebar, aroma, rasa lengket. Formulasi gliserin yang ditambahkan semakin banyak, viskositas makin bertambah, dan antioksidan semakin menurun. Kesukaan keseluruhan Hand Body Lotion tertinggi (4,60 = agak suka ) terdapat pada penambahan Lotion dasar 94%, gliserin 5%, dan ekstrak daun teh 1% yang didukung oleh pH 7,51; viskositas 950; aktivitas antioksidan 75,45%; daya sebar 3 cm.


Kata kunci : hand body lotion, gliserin, ekstrak daun teh, antioksidan

LOADING LIST...
krista.pita97@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...