Ir. Samsuri Tarmadja, MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

APLIKASI PERANGKAP CAHAYA DAN BUAH TERHADAP IMAGO ULAT PEMAKAN DAUN KELAPA SAWIT


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perangkap cahaya dan buah terhadap hasil tangkapan imago UPDKS serta jumlah telur/larva UPDKS di pokok sekitar perangkap, jumlah imago dominan yang dapat tertangkap dan lama waktu aroma buah dapat bertahan dalam memikat imago UPDKS. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan yaitu pada bulan Mei 2018 di Perkebunan Kelapa Sawit Citra Borneo Indah Group, PT. Sawit Multi Utama, Afdeling Delta Nanga Kiu Estate, Kecamatan Bulik Timur, Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah.
Rancangan penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) atau Randomized Completely Block Design (RCBD), terdiri dari 6 perlakuan dan 4 kelompok ulangan. Perlakuan meliputi L1 = lampu LED 20 Watt, L2 = lampu fluorescent 23 Watt, L3 = lampu pijar 100 Watt, L4 = buah pepaya 0,2 Kg, L5 = buah pisang 0,2 Kg dan L6 = buah nanas 0,2 Kg. Sedangkan untuk kelompok ulangan K1 = tepi collection road, K2 = pokok ke-8, K3 = pokok ke-16 dan K4 = pokok ke-24. Masing-masing perlakuan diletakkan secara acak pada baris tanaman ke-15, 35, 55, 75, 95 dan 115.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkap cahaya dari lampu fluorescent yang paling banyak memikat imago UPDKS, sedangkan untuk perangkap buah adalah buah nanas. Imago UPDKS dominan yang tertangkap berasal dari famili Limacodidae dan yang paling sedikit yaitu famili Psychidae. Buah nanas memiliki ketahanan paling lama dalam memikat imago UPDKS dan penggunaan semua jenis perangkap dapat menekan jumlah telur/larva UPDKS di pokok-pokok sekitar perangkap.





Kata kunci: perangkap cahaya, perangkap buah, imago UPDKS
LOADING LIST...
mazjhon85@gmail.com
Ir. Samsuri Tarmadja, MP. (P) - Personal Name
Idum Satia Santi, SP., MP. - Personal Name
Jono Maryanto - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...