Ir. Wiwin Dyah Ully Parwati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN VOLUME PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN KELAPA SAWIT (PRE NURSERY)


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi media tanam dan volume penyiraman dan untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara keduanya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian telah dilaksanakan di Dusun Paingan, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai April 2018.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) atau Completely Ramdomized Design (CRD). Faktor I adalah komposisi media tanam yang terdiri dari 3 aras perlakuan yaitu : Tanah Regusol sebagai kontrol, Komposisi Media Tanam tanah Regusol diberi Pupuk Sapi dan, Komposisi Media Tanam tanah Regusol diberi Pupuk Kambing. Faktor II adalah volume penyiraman yang terdiri dari 4 aras perlakuan yaitu : 100 ml, 150 ml, 200 ml, dan 250 ml.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi interaksi antara komposisi media tanam dan volume penyiraman air terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit kombinasi terbaik regusol dengan volume penyiraman 200 ml air/ bibit. Pemberian pupuk kandang sapi menunjukkan diameter batang lebih baik. Volume penyiraman air 100 ml sudah mencukupi pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.


Kata kunci : komposisi media tanam, Volume penyiraman, bibit kelapa sawit.

LOADING LIST...
sunandarsyahputra14@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...