Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGUJIAN TEKNIK DAN ANALISA KELAYAKAN ALAT PENGGILING KEDELAI PADA INDUSTRI KECIL PENGOLAHAN TAHU


Pengujian Teknik Dan Analisa Kelayakan Alat Penggiling Kedelai Pada Industri Kecil Pengolahan Tahu
Nugrahani Aisyah Ayu1 , Nuraeni Dwi Dharmawati2 , Gani Supriyanto3
[1] Mahasiswa, [2] Dosen Pembimbing, [3] Dosen Penguji
Jurusan Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Stiper Yogyakarta
Jl. Nangka II, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281, Indonesia
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk melakukan uji operasional penggunaan alat mesin penggiling kedelai, menguji kapasitas aktual dan menghitung efisiensi alat penggiling kedelai, menganalisa kelayakan penggunaan alat penggiling kedelai secara ekonomi.
Penelitian dilakukan di industri kecil pengolahan tahu di Desa Purwomartani, Kalasan, Sleman dengan melakukan survey dan pengambilan data awal di industri pengolahan tahu, melakukan analisa teknik dengan perhitungan kadar air, kebutuhan air, kapasitas alat, dan daya yang dibutuhkan. Analisa ekonomi dengan menghitung kebutuhan biaya selanjutnya melakukan analisa kelayakan ekonomi dengan parameter B/C ratio, NPV, BEP, dan pay back period.
Hasil yang didapatkan dari penelitian adalah kapasitas aktual alat penggiling kedelai adalah 35,97 kg/jam dengan efisiensi alat sebesar 71,94%. Kebutuhan air harian untuk proses perendaman hingga penggilingan kedelai tiap kg adalah sebesar 3,49 liter/kg dan kebutuhan air rata-rata setiap hari adalah sebesar 140 liter/hari. Gaya penggilingan sebesar 223,67 N dengan daya penggilingan 3,04 HP. Kemudian secara analisis kelayakan ekonomi layak untuk diaplikasikan dengan nilai NPV Rp. 22.371.509, nilai B/C ratio 1,15, nilai BEP 311.996,4 unit, dan nilai pay back period adalah 10 – 11 bulan.

Kata Kunci : Kedelai, Tahu, Mesin Penggiling Kedelai, Analisa Teknik, Analisa Kelayakan Ekonomi


LOADING LIST...
aissnugraha@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...