Dr. Dimas Deworo Puruhito, SP, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KONDISI SOSIAL EKONOMI PETANI KOPI DI DESA DEULUNG ASLI KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH PROVINSI ACEH


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kondisi sosial dan ekonomi petani kopi dan untuk mengetahui pendapatan yang diterima oleh para petani kopi di Desa Deulung Asli Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh. Penelitian ini dilaksanakan pada April 2018 yang bertempat di Desa Deulung Asli Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Untuk pengambilan sampel menggunakan metode Snowball Sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 30 orang petani kopi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kondisi sosial petani kopi di Desa Deulung Asli Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh dari segi tingkat pendidikan cukup baik dengan rata-rata pendidikan akhir tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), jumlah rata-rata tanggungan keluarga cukup tinggi dengan hasil 4 jiwa tanggungan, dan tidak ada satupun petani kopi yang ikut dalam kelompok tani kopi; (2) Kondisi ekonomi petani kopi di Desa Deulung Asli Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh dari Usaha Tani Kopi menghasilkan pendapatan per tahun sebesar Rp16.519.767 di bawah Upah Minimum Provinsi (UMP) Aceh, Usaha Tani non Kopi memberi pendapatan per tahun sebesar Rp10.101.667, dan Pekerjaan di Luar Usaha Tani memberi pendapatan per tahun sebesar Rp37.987.500; (3) Pendapatan Petani Kopi di Desa Deulung Asli Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah yaitu rata-rata sebesar Rp64.608.934/tahun. Melewati Upah Minimum Provinsi (UMP) Aceh, artinya petani berada pada kondisi ekonomi yang sejahtera.

Kata Kunci : Petani Kopi, Usaha Tani, Sosial Ekonomi


LOADING LIST...
syahputraandreawan@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...