Ir. Listiyani, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

USAHATANI SALAK NGLUMUT (SALACCA ZALACCA) DI KECAMATAN SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG


USAHATANI SALAK NGLUMUT (SALACCA ZALACCA) DI KECAMATAN SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG
Disusun Oleh:
Merlin Dita Nurmaya
15/17964/EP
INTISARI
Penelitian usahatani Salak Nglumut (Salacca Zalacca) di Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang bertujuan untuk mengetahui tingkat pendapatan petani Salak Nglumut dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi petani Salak Nglumut di Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang.
Metode dasar yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Metode yang dilakukan pada penentuan sampel adalah metode Snowball Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder dengan jumlah sampel yang diambil adalah 30 sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendapatan petani Salak Nglumut di Desa Kaliurang Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang ini cukup menjanjikan. Dari hasil rata-rata pendapatan yang diterima petani adalah sebesar Rp 14.183.516/UT/tahun atau Rp 28.619.532/Ha/tahun. Berdasarkan hasil perhitungan kelayakan usahatani diperoleh nilai B/C ratio > 1 yaitu sebesar 1,83/UT atau 1,85/Ha maka dapat dikatakan bahwa usahatani Saalak Nglumut di Kecamatan Srumbung layak untuk diusahakan dan menguntunkan. Serta kendala yang dihadapi petani Salak Nglumut adalah kurangnya sumber air dikala musim kemarau, kurangnya bantuan pemerintah, dan turunnya harga salak di pasar pada saat panen raya.
Kata Kunci : Usahatani, Salak Nglumut

LOADING LIST...
merlin.dytanurmaya@gmail.com
Ir. Listiyani, MP (P) - Personal Name
MERLIN DITA NURMAYA - Personal Name
Fitri Kurniawati, SP. MP - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...