Ir. Harsunu Purwoto, M. Eng (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Kualitas Bahan Bakar Boiler (Fiber dan Shell) Dan Nilai Kalor Terhadap Kebutuhan Uap Di Pabrik Kelapa Sawit


Boiler merupakan suatu unit pembangkit uap yang merubah air menjadi uap dengan tekanan dan temperatur tertentu. Panas yang dibutuhkan air untuk penguapan diperoleh dari proses pembakaran bahan bakar pada ruang bakar. Pada boiler yang ada di industri kelapa sawit, menggunakan bahan bakar serabut dan cangkang. Bahan bakar serabut dan cangkang yang digunakan merupakan limbah padat yang dimanfaatkan kembali. Namun dalam pemanfaatannya untuk memenuhi kebutuhan panas pembakaran, perlu menjaga kualitas dan kuantitas bahan bakar guna mendapatkan nilai panas yang tinggi. Nilai panas bahan bakar sangat berpengaruh terhadap jumlah bahan bakar yang digunakan.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menentukan kualitas bahan bakar boiler yang digunakan yaitu fiber dan shell (2) menentukan nilai kalor bahan bakar (4) menentukan uap yang dibangkitkan dari bahan bakar yang tersedia.
Dari perhitungan dan analisa bahan bakar fiber dan shelldengan kadar air fiber 34,3%, dan cangkang 29,05%. Kualitas bahan bakar aktual yang memiliki kadar air tinggi, hanya menghasilkan kalor sebesar 2.459,5 kkal/kg untuk pada fiber dan 3.230,8 kkal/kg pada shell, dengan pemakaian bahan bakar serabut dan cangkang pada PT. Dharma Satya Nusantara dalam mendukung produksi uap untuk proses pengolahan yang membutuhkan uap sebesar 33.000 kg uap/jam, jika 100% serabut digunakan sebesar 7098,6 kg/jam, maka penggunaan cangkang yang dibutuhkan sebesar 2.010,475 kg/jam.
Kata Kunci : Boiler, Fiber dan Shell,Nilai Kalor.

LOADING LIST...
eca.evi.lianza@gmail.com
Ir. Harsunu Purwoto, M. Eng (P) - Personal Name
Kuni Faizah, S. Si, M. Sc - Personal Name
Eca Evie Lianza - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...