Erick Firmansyah, SP. M. Sc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN FREKUENSI PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN OKRA


Penelitian ini bertujuan untuk mencari komposisi media tanam dan frekuensi penyiraman yang terbaik serta interaksinya terhadap pertumbuhan tanaman Okra. Penelitian dilakukan di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni 2018.
Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) atau CRD (Completey Randomized Design). Faktor pertama adalah komposisi media tanam yang terdiri dari 4 aras yaitu regusol atau kontrol, regusol : Sekam : pupuk kandang (2:1:1) dan regusol : Sekam : pupuk kandang (1:2:1), regusol : Sekam : pupuk kandang (1:1:2). Faktor kedua adalah frekuensi penyiraman yang terdiri dari 3 aras yaitu 1 hari 1x, 2 hari 1x, dan 3 hari 1x. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang 5%. Apabila terdapat beda nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi media tanam dan frekuensi penyiraman menunjukkan adanya interaksi nyata pada parameter diameter batang, jumlah buah, berat segar buah, berat segar tajuk, berat segar takar, berat kering tajuk dan berat kering akar. Kombinasi perlakuan terbaik adalah reguso l: sekam : pupuk kandang (2:1:1) dengan frekuensi penyiraman 1 hari sekali. Komposisi media tanam terbaik terhadap tanaman Okra adalah regusol : sekam : pupuk kandang (2:1:1) berbeda nyata pada parameter tinggi tanaman dan frekuensi penyiraman terbaik terhadap tanaman Okra adalah 1 hari sekali pada parameter tinggi tanaman.

LOADING LIST...
sam.umbu11@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...