Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Parameter Hidrologi Dan Sedimentasi Sebagai Masukan Dalam Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) (Studi Kasus: Sub DAS Ngalang, Kec. Gedangsari, Kab. Gunungkidul)


ANALISIS PARAMETER HIDROLOGI DAN SEDIMENTASI SEBAGAI MASUKAN DALAM PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS)
(Studi Kasus : Sub DAS Ngalang, Kec. Gedangsari, Kab. Gunungkidul)

Ibrahim Haji Gilang1, Harsunu Purwoto2, Taufik Rahmadi3

1Mahasiswa, 2Dosen Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian STIPER, 3Pembimbing Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Serayu Opak Progo
Jl. Nangka 2, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281, Indonesia
Email: gilangibrahim77@gmail.com

INTISARI

Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) diperlukan untuk mengatur hubungan timbal balik antara sumberdaya alam dengan manusia di dalam DAS dan segala aktivitasnya, agar terwujud kelestarian dan keserasian ekosistem serta meningkatkan manfaat sumberdaya alam bagi manusia secara berkelanjutan. Perubahan zaman membuat kondisi tatanan di dalam DAS mengalami berbagai perubahan. Kondisi yang dapat dilihat adalah berubahnya air sungai menjadi keruh akibat tanah yang tererosi masuk ke sungai akibat aliran permukaan yang besar.
Tujuan dari dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis pendugaan nilai erosi dengan menggunakan metode Sedimen Delivey Ratio (SDR), menganalisis trend perbandingan debit dan sedimen sungai, dan menentukan probabilitas debit sungai dan sedimentasi sungai dari analisis data sekunder.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini, nilai pendugaan erosi menggunakan metode Sediment Delivery Ratio (SDR) tahun 2016-2017 bulan November adalah 0,0062 ton/ha/th dan tahun 2018 adalah 0,0123 ton/ha/th dan untuk bulan Desember tahun 2016-2017 adalah 0,0466 ton/ha/th dan tahun 2018 adalah 0,0101 ton/ha/th, perbedaan nilai pendugaan erosi ini dipengaruhi oleh nilai debit dan sedimentasi sungai yang selalu berubah. Kemudian trend data debit dan sedimen primer yang diperoleh terdapat kesamaan dengan trend data debit dan sedimen sekunder. Kemudian terdapat 24 varian probabilitas debit dan sedimen. Salah satunya probabilitas debit sungai dengan peluang 52% adalah 0,143 m3/det dan probabilitas sedimentasi sungai peluang 52% adalah 0,0237 gr/L. Untuk perhitungan probabilitas debit dan sedimentasi maksimum didapatkan 10 varian probabilitasnya, diantaranya probabilitas debit sungai maksimum 1,698 m3/det memiliki peluang sebesar 50% dengan periode ulang 2 tahun dan sedimentasi sungai maksimum 0,139 gr/L memiliki peluang sebesar 50% dengan periode ulang 2 tahun.

Kata kunci: Sedimen; Debit; Sedimen Delivery Ratio; Probabilitas Debit, Probabilitas Sedimentasi

LOADING LIST...
gilangibrahim77@gmail.com
Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P) - Personal Name
Gilang Ibrahim Haji - Personal Name
Taufik Rahmadi, S.Hut - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...