"Heru Arbianto"; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH POC MUCUNA BRACTEATA DAN FREKUENSI PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY_17305


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh perlakuan pemberian POC Mucuna bracteata, frekuensi penyiraman dan kombinasi perlakuan dapat meningkatkan pertumbuhan kelapa sawit pre nursery. Penelitian dilaksanakan di dusun Jenengan, kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan rancangan split plot yang terdiri dari 2 faktorial. Faktor pertama adalah Frekuensi penyiraman yang terdiri dari 3 aras yaitu penyiraman satu hari sekali, penyiraman tiga kali sehari dan penyiraman lima hari sekali. Faktor kedua adalah Pemberian POC yang terdiri dari 4 aras yaitu kontrol, 40 ml, 80ml dan 120 ml. Data dianalisis menggunakan sidik ragam Rancangan Split Plot (RSP) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan tidak ada interaksi nyata antara pemberian dosis POC Mucuna bractea dan frekuensi penyiraman. Dosis POC berpengaruh nyata terhadap tinggi bibit, jumlah daun, berat diameter, berat segar tajuk, berat kering tajuk. Perlakuan kontol (NPK) berpengaruh nyata lebih baik dibandingkan POC. Frekuensi penyiraman memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Efisiensi frekuensi penyiraman pada perlakuan 5 hari sekali.

Kata kunci : POC Mucuna Bracteata, Frekuensi Penyiraman, Bibit Kelapa Sawit

LOADING LIST...
heruarbianto26@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
April 2019
yogyakarta
LOADING LIST...