Ir. Tri Nugraha Budi Santosa, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

RESPON BIBIT KAKAO (Theobroma cacao L.) TERHADAP APLIKASI KOMPOS KOTORAN KAMBING DAN WARNA NAUNGAN


INTISARI
Penelitian bertujuan untuk mengetahui respon bibit kakao (Theobroma cacao L.) terhadap warna naungan dan aplikasi kompos kotoran kambing. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-April 2018 di desa Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta dengan ketinggian tempat 118 mdpl dan menggunakan tanah regusol.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan petak terbagi (split plot), main plot berupa naungan plastik yang terdiri dari 3 aras yaitu warna merah, biru, dan putih transparan, sub plot berupa aplikasi kompos kotoran kambing yang terdiri dari 4 aras yaitu kontrol (tanpa campuran kompos kotoran kambing), perbandingan kompos dan tanah 1:4, 2:3, serta 3:2.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa warna naungan tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, kadar klorofil, berat segar tajuk, berat kering tajuk, berat segar akar, berat kering akar, panjang akar, dan diameter batang. Namun pada aplikasi kompos kotoran kambing memberikan pengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, berat kering akar, dan berat kering tajuk. Perbandingan kompos dan tanah 1:4 memberikan pengaruh terbaik terhadap jumlah daun dan berat kering tajuk.

Kata kunci: warna naungan, perbandingan kompos dan tanah, kakao

LOADING LIST...
sanitabalian98@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...