Ir. Trismiaty, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Kondisi Sosial Ekonomi Petani Kelapa Sawit di Desa Rajamaligas Kecamatan Hutabayuraja Kabupaten Simalungun Sumatera Utara


KONDISI SOSIAL EKONOMI PETANI KELAPA SAWIT

DI DESA RAJAMALIGAS, KECAMATAN HUTABAYURAJA,

KABUPATEN SIMALUNGUN, PROVINSI SUMATERA UTARA


Nicolas L Napitupulu¹, Fitri Kurniawati, SP., MP², Ir.Triamiaty, MP³
Fakultas Pertanian Institut Pertanian STIPER Yogyakarta


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi petani kelapa sawit di Rajamaligas kecamatan Hutabayuraja Kabupaten Simalungun Sumatera Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei hingga bulan Juni 2018 yang bertempat di Dasa Rajamaligas Kecamatan Hutabayuraja Kabupaten Simalungun Sumatera Utara.

Metode dasar dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pemilihan lokasi penelitian ditentukan dengan metode purposive. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode snowball sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 30 orang petani kelapa sawit.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sosial ekonomi petani kelapa sawit di Dasa Rajamaligas Kecamatan Hutabayuraja Kabupaten Simalungun Sumatera Utara ini sudah baik. Hal ini dilihat dari kondisi ekonomi petani rakyat kelapa sawit yang memiliki pendapatan termasuk dalam kategori golongan pendapatan sedang dan kepemilikan aset yang sudah baik. Untuk kondisi sosial petani rakyat kelapa sawit bisa dikatakan sudah baik ditandai dengan terjalinnya hubungan antar warga dalam masyarakat yang sudah optimal melalui kegiatan Gotong Royong, Arisan Marga dan Serikat tolong Menolong yang dilakukan dengan rutin.



Kata Kunci: Usahatani, kelapa Sawit.

LOADING LIST...
nicolasnapitupulu@yahoo.co.id
Ir. Trismiaty, MP - Personal Name
Nicolas L Napitupulu - Personal Name
Fitri Kurniawati, SP.,MP, - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...