Tri Endar Suswatiningsih, SP., MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Saluran Pemasaran Bawang Merah diDesa Saran Padang Kecamatan Dolok Silou Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatra Utara


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Saluran pemasaran bawang merah. 2. Saluran yang lebih efisien. dan 3. Kendala yang dialami dalam pemasaran bawang merah Di Desa Saran Padang, Kecamatan Dolok Silau, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatra Utara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan sengaja (purposive) dan penelitian ini dilaksanakan bulan April - Juni 2018.. Data yang diperoleh dengan menggunakan kuisioner kepada 11 responden petani dan 5 responden lembaga pemasaran dengan menggunakan metode snowball sampling dan sensus sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: terdapat tiga saluran pemasaran bawang merah di Desa Saran Padang yaitu : a. Petani – pedagang desa – pedagang kabupaten – konsumen. b. Petani – pedagang desa –pedagang pengecer – konsumen. c. Petani – konsumen. Dari tiga saluran pemasaran bawang merah yang terdapat di Desa Saran Padang, saluran pemasaran III merupakan saluran pemasaran bawang merah yang lebih efisien karena marjin biaya pemasaran dan jarak tempuh di saluran pemasaran III lebih rendah dari pada saluran pemasaran I , dan II. Kendala dalam memasarkan hasil dari petani bawang merah yaitu ketidakpastian harga.
LOADING LIST...
agnesa389@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...