Fitri Kurniawati, SP., MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIFITAS PENYULUHAN DI KELOMPOK TANI


Penelitian dengan judul Faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas penyuluhan pertanian di kelompok tani ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas penyuluhan pertanian di kelompok tani di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Adapun faktor faktor yang diteliti yaitu : Umur, tingkat pendidikan formal, motivasi, materi penyuluhan, teknik penyuluhan dan perlengkapan penyuluhan.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Data diperoleh menggunakan kuisioner kepada 30 responden dengan menggunakan metode Random Sampling. Metode pengukuran variabel yang digunakan adalah skala likert. Pengujian data pada penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan melakukan uji T, uji F dan Koefisien Determinasi (R2).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel umur, tingkat pendidikan formal, materi penyuluhan, teknik penyuluhan, perlengkapan penyuluhan tidak berpengaruh nyata terhadap efektifitas penyuluhan pertanian, sedangkan variabel motivasi berpengaruh nyata terhadap efektifitas penyuluhan.

LOADING LIST...
irfanseptiawan97@gmail.com
Fitri Kurniawati, SP., MP - Personal Name
Ir. Trismiaty, MP (P) - Personal Name
IRFAN SEPTIAWAN - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...