Ir. Pauliz Budi Hastuti, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM DAN DOSIS PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh macam dan dosis pupuk organik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre-nursery telah dilakukan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian STIPER Yogyakarta pada bulan Januari sampai April 2018.
Penelitian ini menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama ialah macam bahan organik yang terdiri dari 3 macam, yaitu : pupuk kandang, bioslurry padat, dan kompos limbah pasar. Sedangkan faktor kedua adalah volume pupuk organik (% volume) yang terdiri dari 4 aras % volume, yaitu 0 % (diberi pupuk NPK dan Urea masing-masing 0,40 g/bibit), 15 %, 30 %, dan 45 %. Data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam. Bila ada beda nyata diuji lanjut dengan Duncan Multiple Range Test, pada jenjang nyata 5 %.
Penggunaan pupuk kandang, biosllury padat, dan kompos limbah pasar memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemberian pupuk organik dosis volume 15% sudah mampu menghasilkan pertumbuhan bibit kelapa sawit yang baik di pre nursery.

LOADING LIST...
fikri.hanafi12021998@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...