Dr. Achmad Himawan, S.Si, M.Si; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KONSENTRASI DAN FREKUENSI APLIKASI PUPUK ORGANIK CAIR AZOLLA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KAILAN (Brassica oleraceae)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan frekuensi pupuk organik cair azolla terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman kailan. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan mulai dari bulan Maret sampai bulan Juni 2018 di desa Maguwoharjo, Jalan Nangka II, kecamatan Depok, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan faktorial disusun dalam Rancangan Acak Lengkap. Faktor pertama adalah konsentrasi pupuk organik cair azolla yang terdiri dari 4 aras, yaitu K0 = Kontrol, K1 = 12%, K2 = 18%, dan K3 = 24%. Kemudian faktor kedua adalah frekuensi aplikasi pupuk organik cair azolla yang terdiri dari 3 aras, yaitu F1 = 4 hari sekali, F2 = 7 hari sekali, dan F3 = 10 hari sekali.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi pupuk organik cair azolla memberikan pengaruh nyata terhadap berat segar akar dan volume akar. Namun, tidak memberikan pengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, berat segar bagian atas tanaman, berat segar bagian yang dikonsumsi, diameter batang, panjang akar, dan berat kering akar. Konsentrasi 24% merupakan konsentrasi terbaik bagi parameter berat segar akar dan volume akar. Sedangkan frekuensi aplikasi pupuk organik cair azolla memberikan pengaruh nyata terhadap tinggi tanaman dan diameter batang. Namun tidak memberikan pengaruh nyata terhadap jumlah daun, berat segar bagian atas tanaman, berat segar bagian yang dikonsumsi, panjang akar, berat segar akar, berat kering akar dan volume akar. Frekuensi aplikasi 7 hari sekali merupakan frekuensi aplikasi terbaik bagi parameter tinggi tanaman dan diameter batang.
LOADING LIST...
pungkyary@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...