Ir. Retni Mardu Hartati, SU; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR DAN FREKUENSI PENYIRAMAN PUPUK PADA TANAMAN KUBIS BUNGA ( Brassica oleracea var. Botrytis )


INTISARI
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi pupuk organik cair superbionik dan frekuensi penyiraman pupuk terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kubis bunga. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan dari bulan maret sampai bulan juni 2018 di maguwoharjo, depok, sleman, yogyakarta.
penelitian dengan menggunakan rancangan faktorial disusun dalam rancangan acak lengkap (ral) dengan 2 faktor yaitu konsentrasi pupuk organik cair superbionik yang terdiri dari 4 aras, yaitu kontrol, konsentrasi POC 2cc/liter air, konsentrasi POC 4cc/liter air, konsentrasi POC 6cc/liter air dan frekuensi penyiraman/pengaplikasian pupuk terdiri dari 3 aras yaitu, frekuensi penyiraman pupuk setiap 5 hari sekali, frekuensi penyiraman pupuk setiap 10 hari sekali, frekuensi penyiraman pupuk setiap 15 hari sekali.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi nyata antara perlakuan konsentrasi pupuk organik cair superbionik dan frekuensi penyiraman pupuk terhadap parameter jumlah daun dan diameter krop kubis bunga. Pemberian pupuk organik cair superbionik dengan konsentrasi 4cc/liter air dengan frekuensi penyiraman pupuk setiap 5 hari sekali menunjukkan jumlah daun dan diameter krop kubis bunga yang terbaik. Perlakuan konsentrasi pupuk organik cair superbionik 4cc/l air menunjukkan pengaruh nyata pada berat segar krop bunga dan berat segar akar. Perlakuan frekuensi penyiraman pupuk setiap 5 hari, 10 hari, 15 hari sekali tidak memberikan pengaruh nyata terhadap berat segar daun, berat segar akar, dan berat segar krop bunga. Perlakuan konsentrasi pupuk organik cair superbionik dan frekuensi penyiraman pupuk tidak mempengaruhi syarat tanaman yang berbunga

Kata kunci : Konsentrasi pupuk organik cair superbionik, Frekuensi penyiraman pupuk, Tanaman kubis bunga.

LOADING LIST...
firmanrizkiharahap@gmail.com
Ir. Retni Mardu Hartati, SU - Personal Name
Ir. Neny Andayani, MP (P) - Personal Name
Firman Rizki Harahap - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...