Ir. Umi Kusumastuti Rusmarini, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM PUPUK N DAN DOSIS PUPUK GUANO TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi macam pupuk N dan dosis pupuk guano serta interaksinya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery yang telah dilakukan di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret – Juni 2018.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (Completely Randomized Design) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu macam pupuk N yang terdiri atas empat aras (kontrol, urea, ZA, dan NPK) dan faktor kedua yaitu dosis pupuk guano yang terdiri atas 3 aras ( kontrol, 10 g/tanaman dan 20 g/tanaman ). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan sidik ragam (Analysis of Variance) dengan jenjang nyata 5%. Untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan, diuji dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi interaksi antara pemberian macam pupuk N dan dosis pupuk guano pada panjang akar primer dan berat kering akar. Pada pemberian pupuk urea dan pupuk guano 10 g/tanaman dapat meningkatkan panjang akar primer dan pada pemberian pupuk NPK dan pupuk guano 10 g/tanaman dapat meningkatkan berat kering akar bibit kelapa sawit.

LOADING LIST...
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...