Eka Purwanti; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN PENGARUH CURAH HUJAN TERHADAP PRODUKSI PERTUMBUHAN KELAPA SAWIT DI PT. BISMA DHARMA KENCANA KECAMATAN TEWANG SANGGARANG GARING KABUPATEN KATINGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH


ABSTRAK
Penelitian bertujuan untk mengetahui pengaruh curah hujan terhadap produksi Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit. Penelitian ini dilakukan di PT. Bisma Dharma Kencana di Kecamatan Tewang Sanggarang Garing, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah. Penelitian ini dilakukan pada saat menjalankan magang dari tanggal 7 Agustus 2018 sampai dengan tanggal 25 Oktober 2018.
Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis korelasi dan regresi, untuk melihat pengaruh curah hujan terhadap produksi TBS. Data yang digunakan merupakan data sekunder yaitu, data produksi selama 10 tahun dan data curah hujan selama 10 tahun terakhir. Analisis korelasi dan regresi dilakukan pada selang waktu 0 tahun (lag 0 ), selang waktu 1 tahun (lag 1) dan selang waktu 2 tahun (lag 2).
Hasil penelitian menunjukkan pengaruh curah hujan terhadap produksi tidak ada hubungan yang signifikan. Pada selang waktu 0 tahun (lag 0) besarnya pengaruh curah hujan terhadap produksi adalah 2% dengan nilai hubungan korelasi adalah 0,1654. Selang waktu 1 tahun (lag 1) besarnya pengaruh curah hujan terhadap produksi adalah 3% dengan nilai hubungan korelasi adalah 0,1998. Selang waktu 2 tahun (lag 2) besarnya pengaruh curah hujan terhadap produksi adalah 15% dengan nilai hubungan korelasi adalah 0,3954. Secara umum produktisi kelapa sawit tidak hanya dipengaruhi oleh curah hujan, tetapi adanya faktor lainnya yang tidak saya teliti. Contohnya yaitu area lahan tempat penelitian hampir setiap bloknya terdapat rawa dilahan tersebut, jadi kebutuhan air tanaman di cukupi dari air rawa sehingga pengaruh curah hujan terhadap produksi Kalapa sawit relatif rendah.

Kata kunci : Produksi Kelapa Sawit, Curah Hujan


LOADING LIST...
ekap1089@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
Yogyajarta
LOADING LIST...