Wuriyan Pangestu; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

FORMULASI PENAMBAHAN PURWOCENG (Pimpinella pruatjan) PADA KOPI BLENDING ARABIKA ROBUSTA


Telah dilakukan penelitian tentang formulasi penambahan purwoceng pada kopi blending arabika robusta, dengan tujuan mempelajari pengaruh kopi blending arabika robusta dengan penambahan purwoceng yang di sukai panelis dan kandungan kimia di dalamnya.
Rancangan percobaan yang di gunakan pada penelitian ini adalah RAS 1 faktor yang terdiri dari 2 tahap masing-masing di ulang 2 kali. Pada tahap I, kopi dicampur antara robusta dan Arabika dengan rasio 3:1 (R), 2:1 (Q), 1:1 (P), robusta sebagai control dan tahap II yaitu penambahan purwoceng pada kopi blending ( 0%, 5%, 10%, 15%, 20% dan 25%). Hasil dari tahap I diambil yang terbaik untuk di lanjutkan pada tahap II di tinjau dari uji organoleptik warna, aroma dan rasa dengan skor penilaian 1 (sangat tidak suka) – 7 (sangat suka). Pada tahap ke II kopi dengan penambahan purwoceng di lakukan analisis kimia meliputi kadar air, kadar abu, kadar lemak, kadar protein, kadar polifenol, kadar kafein dan uji organoleptik kesukaan warna, rasa, aroma.
Hasil penelitian tahap I di dapatkan rata-rata skor kesukaan warna 6.22, aroma 5.52, rasa 5.21. Dari tahap pertama di dapatkan perlakuan R yang paling banyak di sukai oleh panelis untuk di lanjutkan pada tahap II. Hasil penelitian pada tahap ke II penelitian meliputi 2 analisis yaitu kimia dan organoleptik. Analisis kimia di dapatkan rata-rata kadar air 3.23%, kadar abu 3.92%, kadar kafein 1.12%, kadar lemak 11.15%, kadar protein 14.53% dan kadar polifeniol 0.70g GAE/g. Berdasarkan SNI 01-3542-2004 kopi bubuk, hasil analisis kopi blending arabika robusta dengan tambahan purwoceng yang telah sesuai standar yang ada adalah kadar air, kadar abu dan kafein.
LOADING LIST...
wuriyanpangestu10@gmail.com
Wuriyan Pangestu - Personal Name
Ir. Kusumastuti, MSc - Personal Name
Dina Mardhatilah, S.TP, Msi (P) - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...