Ripin; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

RANCANG BANGUN PIEZOMETER DIGITAL DENGAN PENYAMPAI INFORMASI OTOMATIS TINGGI MUKA AIR LAHAN GAMBUT MELALUI JARINGAN GSM


RANCANG BANGUN PIEZOMETER DIGITAL DENGAN PENYAMPAI INFORMASI OTOMATIS TINGGI MUKA AIR LAHAN GAMBUT MELALUI JARINGAN GSM
RIPIN
15/17831/TP
Jurusan Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian
Institut Pertanian STIPER Yogyakarta
ABSTRAK
Saat ini pengukuran ketinggian permukaan air tanah di lahan gambut masih dilakukan secara manual menggunakan piezometer yang dibuat dari pipa pvc, yang diberi tulisan berupa ukuran meteran. Sistem pengukuran yang dilakukan saat ini memiliki kelemahan yaitu tidak dapat dilakukan secara terus menerus, sifat perubahan ketinggian permukaan air relatif singkat waktunya dan akan sulit kejadiannya untuk diperkirakan, sulit dilakukan secara bersamaan di beberapa tempat, perlu waktu dan biaya untuk mengatur pintu air sebagai pengendali tinggi muka air, solusi alternatif adalah dengan membuat suatu alat pengukur ketinggian permukaan air tanah secara otomatis.
Tujuan penelitian ini adalah 1). Merealisasikan alat ukur tinggi permukaan air tanah (piezometer) digital. 2). Menampilkan nilai hasil pengukuran pada LCD secara real time. 3). Mengirimkan data informasi otomatis melalui SMS sebagai acuan membuka atau menutup pintu air saluran irigasi saat mencapai batas maksimum maupun minimum tinggi muka air di lahan gambut.
Hasil penelitian ini adalah rancangan piezometer digital yang mampu bekerja secara real time, dari hasil pengamatan diperoleh persentase keakurasian mencapai 99,74%. Untuk rata-rata tingkat kesalahan atau error yang didapat untuk alat ukur yang dibuat adalah 0,26 %.

Kata kunci: Gambut, Piezometer Digital, Otomatisai

LOADING LIST...
ripin_9597@yahoo.co.id
Ripin - Personal Name
Dr.Ir. Andreas Wahyu K.M.Eng (P) - Personal Name
Drs. Suparman. MM - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...