Dr. Ir. Herry Wirianata, MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Perbedaan Waktu Pemberian Plant Growth Promoting Rhizobacter dan Blotong Tebu pada Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit di Pre Nursery


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian Plant Growth Promoting Rhizobacter (PGPR) dan kompos blotong tebu terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di Pre nursery telah dilakukan di Desa Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta dari bulan April sampai Juni 2018.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pola yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama yaitu pemberian PGPR dengan 4 aras yaitu : tanpa PGPR, pemberian minggu pertama, pemberian minggu ke 3 dan pemberian minggu ke 6. Faktor kedua adalah konsentrasi blotong dengan 3 aras yaitu : 10%, 30%, dan 50%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada interaksi nyata antara perbedaan waktu pemberian PGPR dan pemberian blotong tebu pada berat segar akar, dengan kombinasi perlakuan terbaik adalah pemberian PGPR minggu ke-6 dengan blotong dosis 30%, Pemberian blotong dengan dosis 10% telah mampu menghasilkan pertumbuhan bibit kelapa sawit yang baik di Pre nursery..Pemberian PGPR pada waktu yang berbeda menunjukkan hasil yang sama baiknya dengan tanpa PGPR.

LOADING LIST...
irwandaalfajar13@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
Yogyajarta
LOADING LIST...