Dr. Achmad Himawan, S.Si., M.Si; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM DAN DOSIS MIKROORGANISME LOKAL TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI PRE NURSERY


ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi antara macam dan dosis mikroorganisme lokal terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery, mengetahui macam mikroorganisme lokal paling sesuai pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery dan mengetahui dosis mikroorganisme lokal yang paling sesuai pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Mengetahui pengaruh macam dan dosis mikroorganisme lokal terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery. Penelitian dilakukan di Desa Denokan, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi D. I. Yogyakarta. Adapun waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah selama 3 bulan dari tanggal 28 Maret sampai 23 Mei 2018.
Penelitian ini menggunakan adalah metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah macam-macam MOL terdiri dari 3 aras yaitu bonggol pisang, rebung bambu dan keong mas. Faktor kedua adalah dosis MOL pupuk cair terdiri dari 3 aras yaitu 50 ml, 75 ml dan 100 ml yang diaplikasikan setiap seminggu sekali.
Hasil penelitian menunjukkan terjadinya interaksi antara macam dan dosis mikroorganisme lokal terhadap berat segar akar dan berat kering akar. Kombinasi terbaik keong mas 100 ml pada berat segar akar dan keong mas 75 ml pada berat kering akar. Macam mikroorganisme lokal bonggol pisang, rebung bambu, keong mas memberikan pengaruh yang sama baik pada pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Dosis mikroorganisme lokal 50 ml, 75 ml, 100 ml memberikan pengaruh sama baik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.


Kata kunci: Bonggol pisang, rebung bambu, keong mas, mikroorganisme lokal, bibit kelapa sawit.

LOADING LIST...
agustiannasution90@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...