Dr. Dimas Deworo Puruhito, SP, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS PENDAPATAN DAN SOSIAL PETANI PLASMA DAN NON PLASMA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI BERINGIN AGUNG ESTATE PT. KARYA MAKMUR BAHAGIA, KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR, KALIMANTAN TENGAH


ABSTRAK
Penelitian Analisis Pendapatan dan Sosial Petani Plasma dan Non Plasma Perkebunan Kelapa Sawit di Beringin Agung Estate PT. Karya Makmur Bahagia Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui besarnya pendapatan petani kebun plasma dan petani kebun non plasma; (2) Mengetahui keadaan sosial petani kebun plasma dan petani kebun non plasma.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sedangkan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan metode Snowball Sampling yaitu pengambilan sampel secara sengaja yang berjumlah 30 orang petani plasma dan 30 orang petani non plasma dengan menggunakan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data dan pengamatan secara langsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pendapatan petani plasma setiap hektarnya dalam setahun sebesar Rp 14.749.522 dan rata-rata pendapatan petani non plasma setiap hektarnya dalam setahun sebesar Rp 14.085.271. Kondisi sosial petani plasma dan non plasma disekitar perusahaan PT Karya Makmur Bahagia sudah terlihat baik, hal ini dapat terlihat dari aspek fisik bangunan rumah petani yang sudah layak huni dan alat transportasi yang digunakan sudah kendaraan bermotor.

Kata Kunci : Petani Plasma, Petani Non Plasma, Pendapatan, Sosial

LOADING LIST...
ekoirvan23@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...