Christina Wahyu Ary Dewi, SP, M.Eng; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH TANGKAI PANJANG TANDAN BUAH SEGAR (TBS) TERHADAP KEHILANGAN MINYAK PADA TANDAN KOSONG (EMPTY BUNCH)


PENGARUH TANGKAI PANJANG TANDAN BUAH SEGAR (TBS) TERHADAP KEHILANGAN MINYAK PADA TANDAN KOSONG (EMPTY BUNCH)

Najifudin Al Hifari[1],
Ir.Priyambada, MP[2], Christina WahyuAryDewi, SP, M.Eng[2]

[1] Mahasiswa, Dosen Pembimbing [2]
Jurusan Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian
Institut Pertanian STIPER Yogyakarta

Abstrak
Buah yang bertangkai panjang sangat berpengaruh terhadap kehilangan minyak, karena serat dari buah sawit dapat menyerap minyak pada saat dilakukan proses perebusan dan proses pembantingan di threser. Dalam proses pengolahan buah kelapa sawit sering terjadi kehilangan minyak akibatpengolahan yang kurang baik sehingga diperlukan suatu tindakan untuk mencegah kehilangan minyak tersebut. Kehilangan minyak pada proses pengolahan kelapa sawit diantaranya pada tandan kosong (empty bunch) dan tangkai panjang yaitu terikutnya minyak pada serabut–serabut pada tangkai panjang dan tandan kosong (empty bunch).
Penelitian ini dilakukan yaitu untuk membandingkan persentase oil losses yang terikut pada tangkai panjang dan empty bunch. Mengnalisis persentase kadar air dan kadar minyak sawit yang masih terikut pada tangkai panjang dan tandan kosong. Menghitung biaya kerugian pada tangkai panjang dan tandan kosong.
Dari hasil analisis omset yang didapatkan oleh perusahaan perharinya yaitu mencapai Rp 1.558.145.280. Pada janjang kosong bahwa kerugian pada perusahaan perhari berkisar Rp 18,827,588 yaitu hanya 1,20% dari omset yang didapatkan dan pada analisis biaya kerugian pada tangkai panjang, bahwa kerugian pada perusahaan perhari berkisar Rp 55.184,312 dari omset yang didapat yaitu sebesar 3,54%. Pada harga CPO tersebut yaitu sesuai harga jual yang telah ditetapkan pihak perusahan PT. Tri Bakti Sarimas di bulan Agustus.





Kata kunci: Tangkai Panjang, Tandan Kosong, Oil losses.

LOADING LIST...
najifudina@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...