Janliardo Jamrud; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT BERBASIS KEMITRAAN (STUDI KASUS PETERNAK AYAM PEDAGING DI DUSUN NGRUNO, DESA KARANGSARI, KECAMATAN PENGASIH, KABUPATEN KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)


INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem kemitraan ayam pedaging di Desa Karangsari dan untuk mengetahui pengaruh sistem kemitraan terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Karangsari. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Karangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 1 desember 2018 sampai 30 desember 2018.
Penelitian ini menggunakan metode penentuan sampel dengan cara purposive sampling dan sumber data dibagi atas data primer (dari peternak sebagai objek penelitian) dan data sekunder (dari Badan Pusat Statistik). Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, kuisioner dan pendataan. Metode analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif dan pendekatan tingkat pendapatan peternak selama satu bulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem kemitraan yang terdapat di Desa Karangsari ialah terdiri dari perusahaan inti dan plasma. Plasma merupakan anggota dari kelompok kemitraan, yang bekerja sama dengan perusahaan inti. Kerjasama antara inti dan plasma ditandai dengan adanya kontrak kerja. Pada peternakan ayam pedaging perusahaan inti akan memberikan pinjaman modal berupa day old chick (DOC), pakan serta obat dan vaksin kimia (OVK). Segala sistem penjualan dan harga ditentukan oleh pihak inti. Sedangkan pihak plasma memberikan jaminan berupa BPKB kendaraan maupun sertifikat tanah. Pihak plasma hanya bertugas membudidayakan, merawat dan memanen ayam pedaging. Kelompok kemitraan ayam pedaging di Dusun Ngruno Desa Karangsari sangat berpengaruh terhadap meningkatnya kesadaran masyarakat (awareness), keswadayaan masyarakat (self-Confidence), partisipasi masyarakat (partisipatory) dan kemandirian masyarakat yang berkelanjutan (sustainability), serta adanya peningkatan perekonomian anggota kelompok mitra. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan pendapatan perbulan anggota kelompok sebelum dan sesudah bergabung dengan kelompok mitra.

Kata kunci: peternak ayam pedaging, sistem kemitraan, pemberdayaan ekonomi masyarakat.

LOADING LIST...
Jamrudblansaii@gmail.com
Janliardo Jamrud - Personal Name
Dr. Ismiasih, M.Sc (p) - Personal Name
Istiti Purwandari, SP. MP - Personal Name
NONE
Text
INSTPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...