Ir. Wiwin Dyah Ully Parwati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN FREKUENSI PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


ABSTRAK
Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kompos batang pisang dan pupuk kandang sapi sebagai campuran media tanam dan pengaruh frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan bibi kelapa sawit di pre-nursery telah dilakukan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta di Desa Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada bulan Februari hingga Mei 2018.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan Rancangan faktorial yang terdiri dari 2 faktor yang disusun dalam Rancangan Ancak Lengkap (RAL) atau Completely Randomized Design (CDR). Faktor 1 adalah komposisi media tanam yang terdiri dari 3 aras yaitu : Kontrol, Kompos Batang Pisang, dan Pupuk Kandang Sapi. Faktor ke 2 adalah frekuensi penyiraman yang terdiri dari 4 aras yaitu : disiram 2x1 hari, disiram 1x1 hari, disiram 2 hari sekali, dan disiram 3 hari sekali. Hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam (Analysis of variance) pada jenjang 5%. Apabila ada beda nyata antar perlakuan diuji lanjut dengan Uji Duncan (Duncan’s Multiple Range Test) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan kompos batang pisang memberikan pengaruh beda nyata terhadap tinggi bibit dan panjang akar. Frekuensi penyiraman berpengaruh beda nyata pada pertumbuhan panjang akar bibit kelapa sawit di pre-nursery terbaik pada frekuensi penyiraman 2x1 hari.
Kata kunci : Kompos Batang Pisang, Frekuensi Penyiraman, dan Bibit Kelapa Sawit di Pre-Nursery.


LOADING LIST...
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...