Ir. Wiwin Dyah Ully Parwati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH UKURAN POLIBAG DAN VOLUME AIR SIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT PEPAYA


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran polibag dan volume air siraman serta interaksinya terhadap pertumbuhan bibit pepaya. Penelitian dilaksanakan di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada ketinggian ± 118 mdpl. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2018 sampai Mei 2018.
Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (Completely Randommized Design) dengan dua faktor. Faktor yang pertama adalah ukuran polibag yang terdiri dari 3 aras yaitu 10 x 10 cm, 20 x 15 cm dan 30 x 30 cm. Faktor kedua adalah volume air siraman yang terdiri dari 4 aras yaitu 100 ml, 150 ml, 200 ml dan 250 ml. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 12 kombinasi perlakuan, setiap perlakuan diulang 5 kali.
Hasil penelitian menunjukkan tidak terjadi interaksi antara ukuran polibag dan volume air siraman terhadap pertumbuhan bibit pepaya. Perlakuan ukuran polibag 30 x 30 cm memberikan pertumbuhan tanaman terbaik. Perlakuan ukuran polibag berpengaruh nyata terhadap tinggi bibit, jumlah daun, panjang akar, diameter batang, volume bibit, berat segar akar, berat kering akar, berat segar tajuk dan berat kering tajuk. Pada perlakuan volume air siraman memberikan pengaruh nyata terhadap jumlah daun, panjang akar, volume bibit, berat segar akar, berat kering akar, berat segar tajuk, berat kering tajuk. Perlakuan volume air siraman 100 ml memberikan pertumbuhan tanaman terbaik.

Kata kunci : ukuran polibag, volume air siraman dan bibit pepaya.

LOADING LIST...
dendy14071996@gmaiul.com
NONE
Text
Indonesia
INSTPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...