Abdullah Syahputra Harahap; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Aplikasi Mikoriza Arbuscula dan Macam Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit di Pre Nursery


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi mikoriza dan macam pupuk organik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilakukan di Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta dan Laboratorium Institut Pertanian Stiper. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Juni 2018.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama yaitu aplikasi mikoriza arbuscula terdiri dari 4 aras (0, 10, 20 , dan 30 g). Faktor kedua adalah macam pupuk organik terdiri dari 3 aras (regosol, pupuk kascing, pupuk kandang).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi nyata antara aplikasi mikoriza dengan macam pupuk organik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Aplikasi mikoriza memberikan pengaruh yang sama dengan tanpa mikoriza terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery. Macam pupuk organik pupuk kascing dan pupuk kandang mampu meningkatkan pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.

Kata kunci : Mikoriza arbuscula, pupuk kascing, pupuk kandang, kelapa sawit
LOADING LIST...
abdullahsyahputraharahap@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...