Ir. Abdul Mu'in, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH LAMA DEKOMPOSISI BEBERAPA JENIS BAHAN ORGANIK SEBAGAI MEDIA PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT PRE NURSERY


Penelitian bertujuan untuk mengetahui interaksi yang terjadi pada lama dekomposisi dengan jenis bahan organik yang digunakan terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilakukan di Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Adapun waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah selama 3 bulan dari bulan Februari sampai mei 2018.
Penelitian ini menggunakan metode faktorial yang terdiri dari 2 faktorial dan disusun menggunakan Rancangan Kelompok Lengkap (RKL). Faktor pertama, dengan beberapa bahan organik (S) yang terdiri dari 4 aras yaitu tanpa bahan organik (S1), Chromolaena odorata L (S2), Eichhornia crassipes (S3), dan Legum cover crops (S4). Faktor kedua adalah lama dekomposisi (T) yaitu, 3 hari (T1), 6 hari (T2), 9 hari (T3). Dari perlakuan tersebut diperoleh 12 kombinasi perlakuan dan masing-masing perlakuan di ulang sebanyak 3 kali, sehingga di peroleh 36 ulangan. Masing – masing ulangan menggunakan 2 sampel tanaman sehingga tanaman diperoleh dalam penelitian adalah 72 tanaman
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tidak terjadi interaksi nyata antara penambahan beberapa jenis bahan organik dan lama dekomposisi sebagai media pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery. Penambahan beberapa jenis bahan organik tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Lama dekomposisi 3 hari, 6 hari, 9 hari tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.

LOADING LIST...
ahmadzlfian12@gmail.com
Ir. Abdul Mu'in, MP (P) - Personal Name
HANGGER GAHARA MAWANDHA, SP., M.Sc. - Personal Name
Ahmad Zulfian - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...