Ir. Wiwin Dyah Ully Parwati, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

RESPON PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT PRE NURSERY TERHADAP APLIKASI DOSIS KOMPOS KOTORAN KELINCI DAN VOLUME PENYIRAMAN


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis kompos kotoran kelinci dan volume penyiraman serta interaksinya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit (pre nursery). Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan Maret sampai dengan bulan Juni 2018 di Maguwoharjo, Depok, Sleman Yogyakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (Completely Randomized Design), yang terdiri atas dua faktor. Faktor pertama adalah dosis kompos kotoran kelinci yang terdiri dari 4 aras yaitu A0 = 100 g/polybag, A1 = 200 g polybag, A2 = 300 g/polybag dan A3 = Kontrol (menggunakan pupuk NPKMg (15-15-6-4) dan Urea. Selanjutnya faktor kedua adalah volume penyiraman yang terdiri dari 3 aras yaitu P0 = Volume air 100 ml, P1 = Volume air 200 ml dan P2= Volume air 300 ml.
Hasil analisis menunjukkan tidak terjadi interaksi antara perlakuan dosis kompos kotoran kelinci dan volume penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemberian dosis kompos kotoran kelinci memberikan pengaruh yang sama pada pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery, kecuali pada volume akar memberikan pengaruh nyata.Volume penyiraman 100 ml/hari sudah mencukupi untuk pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.

Kata kunci : Kotoran kelinci, volume penyiraman, bibit kelapa sawit

LOADING LIST...
WAHYUDENI65@GMAIL.COM
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...