Ir. Samsuri Tarmadja, MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

UJI EFEKTIVITAS BAHAN AKTIF METOMIL, BPMC, LAMDA SIHALOTRIN, SIPERMETRIN, ALFAMETRIN DAN DELTAMETRIN UNTUK MENGENDALIKAN ULAT GRAYAK PADA TANAMAN KACANG MERAH


Penelitian bertujuan untuk mengetahui uji efektifitas insektisida berbahan aktif Metomil, BPMC, Lamda Sihalotrin, Sipermetrin, Alfametrin, dan Deltametrin. Telah dilakukan di Ngluwar, Magelang, Jawa Tengah. Adapun waktu yang digunakan dalam penelitian ini selama 1 bulan dari bulan April sampai Mei 2018.
Rancangan penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RCBD) yang terdiri dari 6 perlakuan dan 4 ulangan. Dengan 6 bahan aktif insektisida berupa Sipermetrin (dosis 1,5 L/ha) dengan kadar bahan aktif 25g/L, Deltametrin (dosis 1,5 L/ha) dengan kadar bahan aktif 25g/L, Metomil (dosis 1,5 L/ha) dengan kadar bahan aktif 25g/L, Lamda Sihalotrin (dosis 1,5 L/ha) dengan kadar bahan aktif 25g/L, BPMC (dosis 1,5 L/ha) dengan kadar bahan aktif 15g/L, Alfametrin (dosis 1,5 L/ha) dengan kadar bahan aktif 15g/L, dan Kontrol (tanpa pestisida), dosis yang dimaksud dosis formulasi. Pada 3 minggu setelah tanam di infestasikan ulat grayak instar kedua, Pada setiap bedengan di infestasikan 10 ekor ulat grayak instar ke 2, dan 2 ekor ulat grayak pertanaman pada 5 tanaman sempel. Insektisida diaplikasikan 4 minggu setelah tanam atau 1 minggu setelah infestasi hama, dengan cara disemprotkan menggunakan knapsack sprayer pada seluruh tanaman kacang merah dengan dosis formulasi 1,5 L/ha.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan aktif yang paling efektif untuk menekan populasi ulat grayak, menekan kerusakan daun dan menyelamatkan hasil panen adalah bahan aktif metomil dengan dosis formulasi 1,5L/ha dan kadar bahan aktif 25g/L. Insektisida BPMC tidak efektif untuk mengendalikan ulat grayak pada tanaman kacang merah.

Kata kunci: insektisida, ulat grayak, kacang merah

LOADING LIST...
yunitaayuningtyas22@gmail.com
Ir. Samsuri Tarmadja, MP. - Personal Name
Eri Ermawan - Personal Name
Idum Satia Santi, SP., MP. - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
Yogyajarta
LOADING LIST...