Ir. Wiwin Dyah Ully Parwati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH JENIS PUPUK KANDANG DAN KONSENTRASI PENYIRAMAN AIR LERI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL CABAI HOT BEAUTY


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh jenis pupuk kandang dan konsentrasi penyiraman air leri serta interaksinya terhadap pertumbuhan dan hasil cabai hot beauty telah dilaksanakan di desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret hingga bulan Juli 2018.
Penelitian ini menggunakan Rencangan Faktorial yang disusun dalam Rencangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor yaitu jenis pupuk kandang dan konsentrasi penyiraman air leri. Faktor I adalah jenis pupuk kandang yang terdiri dari 3 aras jenis pupuk kandang yaitu M0 = Tanah regosol, M1 = Pupuk kandang sapi dan M2 = Pupuk kandang kambing. Faktor II adalah konsentrasi penyiraman air leri terdiri dari 4 aras yaitu L0 = Air biasa tanpa air leri, L1 = Air leri konsentrasi 30%, L2 = Air leri konsentrasi 60% dan L3 = Air leri konsentrasi 100%. Hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam (Analysis of Variance) pada jenjang nyata 5% . apabila terdapat beda nyata / interaksi antar perlakuan diuji lanjut dengan DMRT (Duncan Nultiple Range Test) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi nyata antara jenis pupuk kandang dan konsentrasi penyiraman air leri pada semua parameter yang diamati. Pemberian pupuk kandang kambing memberikan pengaruh yang lebih baik pada parameter jumlah bunga, jumlah buah, berat buah, berat segar tajuk dan berat kering tajuk. Penyiraman air leri dengan konsentrasi 100% memberikan pengaruh yang lebih baik pada parameter tinggi tanaman, jumlah bunga, jumlah buah, persentase keberhasilan bunga menjadi buah, berat buah dan berat kering tajuk.

Kata kunci : cabai hot beauty, regosol, pupuk kandang sapi, pupuk kandang
kambing, konsentrasi air leri.
LOADING LIST...
abdulrohman.frt@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...