Agus Prayetno; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMANFAATAN PUPUK HAYATI PADA BERBAGAI KOMPOSISI MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL CABAI


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi media tanam dan konsentrasi pupuk hayati terhadap pertumbuhan tanaman cabai. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan dari bulan Maret sampai Juli 2018 di Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan faktorial disusun dalam Rancangan Acak Lengkap. Faktor pertama yaitu komposisi media tanam yang terdiri dari 4 aras, yaitu K0 = kontrol, K1 = 1:1 (tanah regosol : limbah jamur tiram), K2 = 1:2 (tanah regosol : limbah jamur tiram), K3 = 2:1 (tanah regosol : limbah jamur tiram). Kemudian faktor kedua adalah konsentrasi pupuk hayati terdiri dari 4 aras yaitu : 0 ml/liter + NPK (kontrol), 2 ml/liter, 4 ml/liter, 6 ml/liter.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi nyata antara konsentrasi pupuk hayati dengan komposisi media tanam terhadap tinggi tanaman cabai (Capssicum annuum L.) dengan memberikan pengaruh yang terbaik pada konsentrasi 6 ml/liter pada media tanam regosol (kontrol). Pemberian pupuk hayati 2m/liter sampai konsentrasi 6 ml/liter memberikan pertumbuhan tanaman cabai yang sama dengan pemberian kontrol+NPK. Komposisi media tanam tanah regosol maupun media tanam 1:2 memberikan pertumbuhan tanaman cabai terbaik. Sedangkan berbagai komposisi media tanam memberikan berat buah pertanaman yang sama.


LOADING LIST...
Agusprayetno719@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...