Ir. Wiwin Dyah Ully Parwati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM BIOSLURRY DAN FREKUENSI PENYIRAMAN AIR KELAPA TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI PAKCOY


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi media tanam bioslurry dan frekuensi penyiraman air kelapa terhadap pertumbuhan sawi pakcoy dan untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara komposisi media tanam bioslurry dan frekuensi penyiraman air kelapa terhadap pertumbuhan tanaman sawi pakcoy. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Maret 2018 – April 2018 di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (Completely Randomized Design) dengan dua faktor, yaitu pengaruh komposisi media tanam bioslurry dan frekuensi penyiraman air kelapa. Faktor yang pertama adalah komposisi media tanam bioslurry terdiri dari 3 aras yaitu Tanpa bioslurry, Regosol:bioslurry (1:1), dan Regosol:bioslurry (2:1). Faktor yang kedua adalah frekuensi penyiraman air kelapa yang terdiri dari 3 aras yaitu Tanpa penyiraman air kelapa), Penyiraman 3 hari sekali, dan Penyiraman 5 hari sekali. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode sidik ragam ( Analysis of variance) menggunakan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) dengan jenjang 5% untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan.
Hasil penelitian menunjukkan tidak terjadi interaksi antara komposisi media tanam bioslurry dan frekuensi penyiraman air kelapa. Komposisi media tanam bioslurry memberikan pengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, berat segar tanaman, berat segar tajuk, berat segar akar dan voume tanaman. Komposisi media tanam bioslurry 1:1 menunjukkan hasil paling baik pada setiap parameternya. Frekuensi penyiraman air kelapa memberikan pengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, berat segar tajuk, berat segar tanaman, berat segar akar dan volume tanaman. Frekuensi penyiraman air kelapa 3 hari sekali memberikan hasil terbaik pada parameter jumlah daun dan berat segar akar.

Kata kunci: Komposisi Media Tanam, Bioslurry, Air Kelapa, Sawi Pakcoy

LOADING LIST...
leedersonpurba@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...