Titin Setyorini, SP., M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN KOMPOSISI GULMA DI LAHAN MINERAL DAN LAHAN GAMBUT PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT


Penelitian bertujuan untuk mengetahui komoditas dan komposisi gulma yang terdapat pada lahan gambut dan lahan mineral, untuk mengetahui komunitas gulma pada lahan gambut dan lahan mineral, serta dominasi gulma yang ada pada lahan gambut dan lahan mineral. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Trimulya Jaya, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau pada bulan April – Mei 2018.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan melakukan survey dan pengamatan terhadap jenis gulma yang tumbuh di perkebunan kelapa sawit tanaman menghasilankan (TM) pada lahan gambut dan lahan mineral. Metode analisis vegetasi yang digunakan adalah metode kuadrat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 12 jenis gulma yang tumbuh pada lahan mineral dan 6 jenis gulma yang tumbuh pada lahan gambut. Berdasarkan daur hidup jenis gulma tahunan merupakan jenis gulma dominan yang tumbuh baik pada lahan mineral dan lahan gambut. Sedangkan berdasarkan morfologi jenis gulma daun lebar merupakan jenis gulma yang paling dominan pada lahan mineral dan pada lahan gambut dengan morfologi pakuan merupakan gulma yang tumbuh dominan. Keseragaman komposisi jenis gulma yang menyusun vegetasi pada lahan mineral dan lahan gambut tidak seragam.

Kata kunci : Gulma, lahan mineral, lahan gambut, TM (tanaman menghasilkan)

LOADING LIST...
torolukman28@gmail.com
NONE
Text
INSTPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...