Ir. Tri Nugraha Budi Santosa, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Curah Hujan Terhadap Produktivitas Kelapa Sawit di PT. Adei Plantation & Industry Kab. Pelalawan Prov. Riau


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan agar dapat mengevaluasi tingkat produksi kelapa sawit pada tahun sebelumnya maupun memperkirakan peluang produksi kelapa sawit untuk tahun kedepannya, oleh karena itu perlu dilakukan kajian mengenai pengaruh curah hujan terhadap hasil produksi kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq). Untuk pengumpulan data yang diperlukan diperoleh langsung dari PT. Adei Plantation & Industry di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.
Kajian ini dilakukan dengan kajian teori, dimana metode analisis yang digunakan adalah uji Korelasi dan Regresi. Uji Korelasi dan Regresi tersebut bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan serta pengaruh curah hujan terhadap hasil produksi TBS kelapa sawit dalam selang waktu 0 tahun (lag-0), 1 tahun (lag-1), dan 2 tahun (lag-2). Serta untuk mengetahui bagaimana variabel dependen dapat diprediksikan melalui variabel independen secara individual.
Dari hasil analisis korelasi dan regresi pada curah hujan terhadap produksi kelapa sawit selama 10 tahun terakhir dalam selang waktu 0 tahun (lag-0), selang waktu 1 tahun (lag-1), dan selang waktu 2 tahun (lag-2) dengan α = 5% menunjukkan bahwasanya curah hujan berpengaruh tidak nyata terhadap produksi. Pada lag-0 dan lag-2 memiliki kesamaan dimana koefisiennya bernilai negatif, yang menunjukkan bahwa terjadinya hubungan negatif antara curah hujan dengan produksi kelapa sawit, yang berarti pula jika semakin tinggi curah hujan maka semakin rendah produksi. Sedangkan pada lag-1 koefisien yang diperoleh bernilai positif, yang menunjukkan bahwa terjadinya hubungan positif antara curah hujan dengan produksi, yang berarti jika semakin tinggi curah hujan maka semakin tinggi pula produksi.

Kata kunci : Curah Hujan, Produksi, Elaeis guineensis Jacq.

LOADING LIST...
haffiz.ilman97@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...