Tri Endar Suswatiningsih, SP., MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

SISTEM PEMASARAN TANDAN BUAH SEGAR (TBS) KELAPA SAWIT DI DESA INDRAPURI KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU


Penelitian mengenai sistem pemasaran TBS kelapa sawit ini dilaksanakan didesa Indrapuri, kec Tapung, Kab Kampar, Prov Riau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem dan fungsi pemasaran TBS, mengetahui besar marjin pemasaran pada setiap lembaga pemasaran TBS dan mengetahui keuntungan dan kerugian petani kelapa sawit menjual TBS pada masing-masing saluran pemasaran kelapa sawit.
Metode dasar yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data kemudian dianalisa secara deskriptif dengan tujuan untuk menguraikan tentang sifat-sifat dari suatu keadaan. Sampel terbagi menjadi atas 2 yaitu sampel petani yaitu dengan metode pengambilan sampel Snowball Sampling sebanyak 30 responden, dan sampel lembaga pemasaran dengan menggunakan metode pengambilan sampel Snowball Sampling sebanyak 2 responden.
Hasil penelitian ini menunjukan 2 jenis sistem pemasaran TBS yaitu sistem pemasaran dari petani - koperasi - pabrik kelapa sawit dan sistem pemasaran dari petani - toke buah - pabrik kelapa sawit. Fungsi pemasaran yang dilakukan di setiap lembaga pemasaran berbeda - beda sesuai dengan kepentingan dan tujuan pemasarannya. Koperasi dan toke buah melaksanakan fungsi: pembelian, penjualan, pengangkutan, pembiayaan, resiko, dan informasi pasar. Pabrik kelapa sawit melaksanakan fungsi : pembelian, penjualan, pengangkutan, sortasi, pembiayaan, resiko dan informasi pasar. Marjin pemasaran TBS dikoperasi yaitu harga ditingkat pabrik sebesar Rp 1.775/kg sedangkan ditingkat petani sebesar Rp 1.643/kg, sehingga marjnnya sebesar Rp 132/kg. Marjin pemasaran TBS ditoke buah yaitu harga ditingkat pabrik sebesar Rp 1.740/kg sedangkan ditingkat petani sebesar Rp 1.580/kg, sehingga marjinnya sebesar Rp 160/kg. Keuntungan menjual kekoperasi yaitu koperasi menyediakan kebutuhan petani seperti tersedia bahan perawatan dan tersedia simpan pinjam. Kerugiannya penerimaan uang diperoleh satu bulan sekali. Keuntungan menjual ke toke buah kelapa sawit yaitu penerimaan uang tunai setelah penimbangan TBS. Kerugiannya yang diperoleh, toke tidak menyediakan kebutuhan petani.

Kata kunci : Pemasaran, Tandan Buah Segar, Marjin Pemasaran

LOADING LIST...
Iruna.wati@yahoo.com
Tri Endar Suswatiningsih, SP., MP - Personal Name
Arum Ambarsari, SP.,MP (P) - Personal Name
Irna Wati - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...